Desa Wisata

Liburan Seru Di Desa Wisata Banjaroya Kulon Progo

Kawan Pejalan pasti sudah tahu dengan Candi Borobudur. yang merupakan Candi Buddha terbesar di dunia, Mengunjungi Candi Borobudur tentu tak lengkap jika belum merasakan suasana desa sekitar Candi Borobudur. Nah, tak jauh dari Candi Borobudur, terdapat sebuah desa wisata dengan keunikannya tersendiri yang wajib disambangi. Namanya Desa Wisata Banjaroyo. terletak di Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa dengan latar belakang panorama Perbukitan Menoreh ini awalnya merupakan desa tertinggal. Melalui pengembangan desa wisata, kini Banjaroyo menjelma menjadi desa wisata dengan berbagai destinasi baru yang sayang untuk dilewatkan.

Saat mengunjungi Candi Borobudur, sayang kalau tidak sekalian singgah di Desa Wisata Banjaroyo yang penuh pesona ini. Lantas pesona apa saja yang ada di Banjaroyo? Berikut berbagai pesona Banjaroyo yang layak kawan coba kunjungi.

Keramahan Warga Banjaroyo

Kesejukan pagi dan udara desa yang segar sangat sayang untuk dilewatkan. Jalan-jalan pagi menjelajah desa tentunya akan sangat menyenangkan, menyehatkan dan memperkaya wawasan kita tentang desa.  Keramah-tamahan  warga yang menyapa kita di sepanjang perjalanan adalah bonus indah yang akan kita dapatkan. Tak jarang kita diminta mampir dan disuguhi minuman dan makanan ala desa.

Untuk menikmati desa secara komlit, Kawan Dewa bisa memesan paket live in di .Desa Wisata Banjaroya

Baca juga : Live in Banjaroya, Berwisata sambil Menempa Mental

Durian Menoreh Andalan Desa Wisata Banjaroya

Bagi kawan dewa yang menyukai durian, Desa Wisata Banjaroya adalah surganya durian unggulan. Desa Wisata Banjaroya mempunyai durian lokal unggulan nasional. Durian Menoreh namanya. Selain itu, kawan dewa juga bisa belajar tentang durian. Mulai dari pembibitan, penanaman, perawatan, cara panen, sampai dengan mengolah menjadi aneka produk turunan.

Baca juga : Biar gak Bingun, Perhatikan Tips Memilih Durian

Menikmati Olahan Cokelat Khas di Taman Kakao Cokelat Desa Wisata Banjaroya.

Apakah Kawan Pejalan adalah penyuka Cokelat? Selain terkenal sebagai sentra durian unggulan, Desa Wisata Banjaroya juga merupakan desa kakao, tanaman penghasil cokelat. Cokelat di sini dikenal dengan olahan tradisionalnya. Menikmati cokelat sambal bercengkerama dengan keluarga atau pasangan tentu akan membuat liburan kita semakin syahdu. Di Taman Kakao Cokelat, kita juga bisa belajar budi daya coklet dan pengolahanya.

Goa Maria Sendangsono, Keindahan Arsitektur Karya Y.B. Mangunwijaya.

Bagi Kawan Pejalan suka landscape dan foto instagenic, mengunjungi Sendangsono akan tentu akan sangat menyenangkan. Keindahan arsitektur karya Y.B. Mangunwijaya ini sangat megah dan kaya akan filosofi. Siang ataupun malam, Sendangsono menyuguhkan view yang menarik dan sayang untuk kita lewatkan. Buat Kawan Dewa yang suka menyepi dan mencari ketenangan, tempat ini juga sangat cocok untuk dikunjungi, terutama pada malam hari.

Baca Juga : Sendangsono, Mahakarya Arsitektur Modern Dengan Konsep Kelokalan dan Pemberdayaan masyarakat

Bendung Ancol, Karya Besar Sri Sultan Hamengkubuwono IX Untuk Melindungi Rakyatnya

Bendungan Ancol adalah sebuah bendungan yang juga merupakan hulu dari selokan mataram, selokan Van Der Wijk dan Saluran Kalibawang. Menurut sejarah Bendung Ancol dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda pada sekitar tahun 1942 – 1951. Proyek ini adalah inisiatif Sri Sultan Hamengkubuwono yang saat itu sangat prihatin terhadap sistim kerja paksa oleh penjajah Belanda dan Jepang. Untuk itu Sri Sultan Hamengkubuwono IX kemudian berpikir bagaimana caranya agar rakyatnya tidak dikirim untuk kerja paksa di luar daerah, dan tercetuslah ide pembuatan bendungan ini. Ide ini mendapat sambutan baik dari pemerintah jepang.

Di tempat ini anda dapat menikmati pemandangan alam dan bermain-main di tepian sungai Progo. Di bendung Ancol, kawan dewa juga bisa bkegiatan camping maupun kegiatan luar ruangan lainya.

Memacu Andrenalin Dengan Rafting Di Sungai Progo

Jika Kawan Pejalan adalah pecinta wisata extrem arung jeram pasti sudah tidak asing lagi dengan sungai Progo. Sungai Progo merupakan salah satu sungai yang memiliki jeram terbaik di Indonesia, bahkan termasuk juga jeram terbaik di dunia. Melakukan aktivitas rafting di sini tentu sangat seru. Namun karna jeram yang termasuk grade tinggi, sangat disarankan untuk berhati-hati dan selalu mengikuti petunjuk dari guide. Untuk pemula, kawan dewa dapat memilih start dari Magelang dan finish di Klangon, Desa Wisata Banjaroya atau start dari Ancol dan finis di dekso dengan arus yang relatif lebih tenang dan datar. 

Berburu Sunrise di Embung Tonogoro, Desa Wisata Banjaroya

Apakah Kawan Pejalan adalah pemuja alam yang suka banget sama cantiknya pemandangan matahari terbit?. Destinasi ini menyuguhkan hamparan alam, pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu dalam sekali pandang. Rasakan sensasi menikmati sunrise yang berselimut kabut tipis di Embung Banjaroya. Dijamin bisa menjadi salah satu momen terbaik yang Kawan Dewa rasakan saat liburan ke Borobudur.

Baca juga : Samudera Raksa, Sebuah Kenyataan Yang Melebihi Mimpi Kami

Berburu Foto Instagenic di Gerbang Samudera Raksa Desa Wisata Banjaroya.

Gerbang Samudraraksa merupakan destinasi baru di Desa Wisata Banjaroya. Letaknya di perbatasan Kulon Progo dan Magelang. Awalnya para penggiat Desa Wisata Banjaroya mengkonsep lokasi ini sebagai rest area. Namun dengan sentuhan dari kementerian PUPR, terciptalah sebuah destinasi megah yang tidak hanya bisa untuk istirahat, namun juga bisa menjadi salah satu tempat favorit untuk berburu foto. Gerbang Samudera Raksa ini mengusung konsep monumen berupa kapal bercadik khas Nusantara sebagai perwujudan relief di Candi Borobudur. Kalau mampir ke sini, jangan lupa mengabadikan keindahan kapal bercadik dengan nuansa warna hitam dan emas yang satu ini ya, Kawan Dewa.

Nah, penasaran kan dengan Desa Wisata Banjaroya? Segera agendakan liburanmu dan pesan paketnya agar Kawan Dewa bisa mendapatkan pelayanan maksimal dari Pengelola Desa Wisata Banjaroya.

Baca Juga : Pendapat Orang-Orang Hebat Yang Akan Kamu Semakin Mantab Untuk Bejalan-Jalan